Miss Irresistible Stylist by Yuli Pritania | Book Review




 
Judul : Miss Irresistible Stylist
Penulis : Yuli Pritania
Penerbit : Grasindo
Terbit : April, 2017
ISBN : 9786023759149
Jumlah Hlm : 240 hlm
*

IM YOON-HEE. Fashion stylist yang berharap gambar-gambar pakaian di buku sketsanya bisa mewujud nyata. Di ulang tahunnya yang ke-27, dia berdoa agar diberi pria tampan untuk dinikahi. Dia menemukannya, tapi kenapa pria itu harus CEO di kantor tempatnya bekerja? Kenapa harus pria misterius dengan wajah tidak masuk akal itu?

LEE WON. CEO ETHEREAL, salah satu brand pakaian paling terkenal di Korea. Sukses, kaya, tampan, dan memiliki seorang anak perempuan berwajah malaikat. Dia tidak lagi menginginkan apa-apa. Bahkan tidak wanita. Namun, satu senyuman dan suara tawa wanita itu, lalu untuk pertama kalinya dalam lima tahun, dia meragukan keputusannya untuk melajang seumur hidup.

*


“Kau seperti... sesuatu yang menetap. Aku lebih suka kalau kau ada.”| Hlm. 183


Im Yoon-Hee adalah seorang penata busana yang memiliki sifat eksentrik. Saat ulang tahunnya yang ke 27 tahun, Yoon-Hee berdoa agar diberi seorang pria tampan untuk dinikahi. Suatu permintaan yang ‘tak tahu malu’ sekali. Di sekelilingnya memang ada banyak sekali pria tampan, sebut saja Kim Rye-On—artis yang merupakan kliennya. Namun, tidak ada satu pun dari mereka yang menjadi ‘pria tampan untuk dinikahi’.
Bekerja di ETHEREAL merupakan suatu keberuntungan dalam hidupnya. Ia memiliki teman satu tim yang menarik dan karir yang sesuai dengan passion-nya. Sebenarnya, masih ada satu lagi keberuntungan dalam hidupnya yang tak ia ketahui; yaitu sang CEO—yang ketampanannya dielu-elukan seluruh kantor.
Suatu hari, Yoon-Hee mendapat pekerjaan untuk mengantar pakaian sang bos setelah sebelumnya sang bos mendapat kritikan dari seorang bloger fesyen. Pekerjaan itu membuat iri rekan-rekan setimnya dan membuat dirinya bertanya-tanya setampan apakah bosnya ini.
Setelah menjalani pekerjaannya dan akhirnya tahu bagaimana rupawannya sang bos, Yoon-Hee menyerah (namun bukan berarti dia melepaskan pekerjaan mengantar pakaiannya). Sejak pertemuan dengan sang bos, Yoon-Hee bertekad untuk menikahinya suatu hari nanti. Suatu ketekadan yang terdengar delusional belaka bagi semua orang.

Hanya karena dia super tampan, bukan berarti dia boleh mematahkan hati wanita sesukanya.” | Hlm. 136

 “... merupakan hak setiap orang yang ditinggalkan untuk memilih: ingin terjebak di masa lalu atau melanjutkan hidup.” | Hlm. 223

Firstly, saya mohon maaf karena tidak menepati janji pada diri sendiri sesegera mungkin dan mungkin pada Kakak Penulis juga :’). Saya berjanji pada diri saya untuk mengulasnya tepat setelah SBMPTN, tapi apalah saya yang sibuk jalan-jalan ke Jogja buat UTUL :’) Bahkan setelah jalan-jalan itu, saya sibuk menata hati menyambut ramadhan (baca: pengumuman-pengumuman tes-tes yang saya sebut sebelumnya). :”)
Ah, sudah-sudah, kita sudahi bagian curhatnya. :’)
Miss Irresistible Stylist (selanjutnya akan saya sebut MIS saja, ya ;)) adalah bagian dari LoveSsion (Love & Profession) Series yang digagas oleh Penerbit Grasindo. Masih mengusung tema K-fiction, novel ini hadir meramaikan persaingan fiksi di toko buku (yang sekarang lagi ramai-ramainya fiksi dari wattpad). Yuli Pritania sendiri sudah dikenal sebagai penulis K-fiction yang mumpuni. Sudah banyak K-fiction yang Kakak Penulis tersebut tulis, bahkan sebagian sudah berlabel ‘Best Seller’.  
Dari yang disajikan oleh blurbnya, kita dapat menebak bahwa ini kisah manis yang lain dari Yuli Pritania. Kali ini tentang seorang stylist dan CEO. Ya, mungkin ada sebagian dari kalian yang sudah bosan dengan cerita-cerita tentang CEO, tapi saya suka-suka aja sih dengan cerita yang ada CEOnya asalkan ceritanya menarik, hehehe :D
Membaca MIS, membuat saya ikut memanjakan mata seperti yang Im Yoon-Hee lakukan. Lee Won sukses digambarkan sempurna. Saya bayanginnya sih nyampur-nyampur antara Yang Yang dan Sung Hoon.
Karakter dari kedua tokoh yang disebut dalam blurb adalah paduan yang menarik. Lee Won dan Yoon-Hee digambarkan sebagai good genes organism :’) Namun sifat dari kedua tokohnya membuat kisah ini tidak hanya menjadi kisah antara orang ganteng dan orang cantik. Im Yoon-Hee memiliki kepribadian yang eksentrik; setiap minggu dia mengganti warna rambut dan gaya berpakaian “ekstrem”. Ditambah lagi, Yoon-Hee memiliki sifat kekanakan, blak-blakan, sekaligus ambisiusnya dalam mengejar cinta, menjadikannya heroine yang menarik. Sementara itu, Lee Won memiliki kepribadian cuek dan datar dalam menanggapi segala hal. Sebagai orang yang berpandangan konservatif, Lee Won menjadi padanan yang menarik dengan Yoon-Hee.
Saya pernah menyebutkan dalam salah satu review saya untuk novel Yuli Pritania yang lain bahwa Yuli Pritania adalah penulis yang jarang sekali memberikan konflik berat dalam novelnya. Begitupula dalam MIS ini. MIS cenderung fokus membahas bagaimana tokoh-tokohnya berjuang untuk mendapatkan cinta mereka, tidak terlalu diinterupsi dengan hadirnya konflik lain. MIS sebenarnya memiliki konflik pengiring yang menarik menurut saya, namun menurut saya penulis tidak mengeksplorasinya. Ada beberapa konflik pengiring dan hal-hal pritilan yang cenderung cuma dibahas sebentar saja sehingga mudah terlupakan, padahal jika dibahas lebih jauh akan lebih menarik.
Konflik-konflik pengiring yang hanya angin lalu tersebut mengakibatkan alurnya bergerak tidak stabil (apadeh ini bahasanya :”) Ini hanya pendapat pribadi saja, tapi saya merasa menjelang pengujung kisah, MIS cenderung dieksekusi dengan terburu-buru. Ya, bagian dengan orang tua itu, jika penasaran, silakan ditilik review-review lain, mungkin ada review lain yang menyebutkan secara eksplisit.
Ada satu kutipan dari novel ini yang saya suka. Kutian ini benar-benar menggambarkan bagaimana perasaan orang jatuh cinta, dan saya benar-benar menyukai ini. Meskipun ada beberapa bagian yang tidak menggambar orang jatuh cinta pada umumnya sih. :’)

“Saat kau menyukai seseorang, kau menyukai kebaikannya. Ketampanannya. Kalimat-kalimat yang keluar dari mulutnya. Gaya berpakaiannya. Suaranya. Caranya tersenyum. Saat kau jatuh cinta ... kau memperhatikan detail-detail yang lebih kecil. Gesturnya saat grogi. Merek parfumnya. Warna iris matanya. Tekstur rambutnya. Rasa kulitnya. Irama langkah kakinya.
“Karena itu kau tidak bisa melupakannya, Yoon-Hee~ya. Kau akan terus membandingkannya dengan setiap pria yang kau temui. Dan tidak akan ada satu pun dari mereka yang akan memuaskanmu. Aroma mereka tidak sama, suara tawa mereka berbeda. Akan selalu ada yang salah. Ada saja yang terasa tidak tepat.” | Hlm. 173

Secara keseluruhan, Miss Irresistible Stylist adalah novel yang asyik! Novel ini merangkum perasaan jatuh cinta, patah hati, move on, dan self healing dengan sangat baik. Saking menariknya sampai membuat ketagihan, page-turning banget!

“... berharap membuatku lelah. Karena bukan kenyataan yang membunuh, tapi harapan. Selama ini, harapanlah yang sebenarnya menghancurkan.” | Hlm.  205

3 of 5 STARS!


XO,
PutriPramaa


0 komentar:

Posting Komentar

 
La Distances Blog Design by Ipietoon