SomeToon 01 by Mojito Mohichan | Book Review + Giveaway



 
Judul : SomeToon 01
 Penulis : Mojito Mohichan
Penerbit : Haru
Terbit : Februari, 2017
ISBN : 978-602-6283-12-9
Jumlah Hlm : 258 hlm
*

Kisah-kisah yang terjadi antara aku dan dia.
Berdasarkan kisah nyata,  Sometoon mengilustrasikan manis dan pahitnya semua hal yang terjadi dalam hubungan pria dan wanita.
Kisah-kisah romantis yang awalnya diserialisasikan di Internet ini akan membuat kalian ikut merasakan percikan cinta.

*


Semua kekesalan yang terjadi pada hari itu, meleleh karena tangannya yang menggenggam tanganku~ | Hlm. 35


SomeToon adalah kumpulan kisah-kisah yang terjadi di antara pria dan wanita.
Jatuh cinta bagi setiap orang tidak sama. Ada yang penuh perjuangan. Ada yang penuh kesabaran. Ada yang berjalan mulus saja.
Mojito Mohichan mengilustrasikan kisah cinta kiriman para pembacanya dengan menarik dan penuh warna. Berbagai macam kisah manis-pahit jatuh cinta terangkum dengan apik dalam SomeToon 01 ini. Tertarik untuk membacanya juga? :)
Kemudian, aku dan dia saling mengunjungi ke Seoul atau Cheongju. Lalu, pada bulan Maret. Bersamaan dengan musim semi... dia datang. | Hlm. 199
Ini adalah kali kedua saya membaca K-Toon. Jika sebelumnya saya membaca Cat And Dog yang memiliki kisah cinta yang penuh perjuangan, di SomeToon ini saya membaca dan menyaksikan bagaimana orang-orang jatuh cinta dan merasakan pahit manisnya.
SomeToon adalah sekumpulan cerita-cerita pendek orang-orang yang sedang jatuh cinta. Bagaimana mereka memulai suatu hubungan hingga menjalin suatu hubungan. Jatuh cinta memang selalu menarik. Menyaksikan bagaimana orang-orang jatuh cinta juga sama menariknya. Jatuh cinta adalah suatu perkara yang selalu mengasyikkan untuk dibahas.
Ada sekitar dua puluhan cerita yang menggambarkan bagaimana orang-orang utamanya di Korea mengekspresikan perasaan sukanya. Cerita-cerita itu berdasarkan kisah nyata—yaitu berdasarkan kiriman pembaca webtoon ini—sehingga seringkali membuat iri dengan manisnya kisah mereka, huhuhu. Setiap kisah di SomeToon memiliki tema-tema khusus yang menonjol, seperti tentang kehidupan wajib militer, hewan-hewan, perayaan-perayaan tertentu, kota-kota di Korea, dll. Semua cerita memiliki poin yang ditonjolkan dan sangat menarik untuk disimak.
Salah satu yang menjadi favorit saya adalah kisah tentang dua orang yang saling menyukai dan kuliah di suatu tempat perantauan. Kampung halaman mereka berbeda sehingga saat liburan musim semi mereka harus berpisah. Sangat menarik untuk mengetahui indahnya jatuh cinta yang dialami oleh dua orang itu. Terlebih dengan adanya ilustrasi bunga sakura yang semarak, semakin membuat yang membaca ingin jatuh cinta juga~ :D 
 
Beragam kisah yang dihadirkan di SomeToon semakin ciamik dengan ilustrasi yang segar. Komikus mengilustrasikannya dengan cara yang manis dan segar. Saya suka gambar-gambar setiap tokoh-tokohnya, begitu beragam. Contohnya, saat menggambar perempuan, terdapat banyak gaya yang komikus gunakan. Ada yang menekankan pada pakaian yang kasual dan ada yang menekankan pada  rambut yang simpel. Meskipun komikus cenderung tidak banyak menggunakan warna, komik tetap terasa menarik. Ada salah satu cerita di SomeToon yang menonjolkan unsur warna. Di cerita itu, komikus memberikan sentuhan warna yang lumayan banyak dan bagaimana hasilnya? Gambarnya jadi semakin cantik. Ingin rasanya saya warnai komik ini, tapi saya sadar diri nggak bisa mewarnai dengan bagus. Huhuhu :’)
 
Biasanya, saya cenderung rewel dengan terjemahan Korea-Indonesia. Saya kurang suka saat di edisi terjemahan, penerjemah menggunakan ‘enggak’, ‘banget’, dll. Namun, di SomeToon, saya justru menyukainya. Saya seperti sedang diam-diam membaca buku diary orang lain. Terasa polos. Kadang kala saya merasa seolah-olah saya sendirilah yang merasakan kisah-kisah manis itu, hehehe.
Sayangnya, ada beberapa cerita yang saya kurang pahami maksudnya. Mungkin karena saya tidak memahami betul bagaimana orang-orang di Korea bercengkerama.
Bagi saya, SomeToon adalah antologi diary dari orang-orang jatuh cinta yang sangat menarik. Ada berbagai macam kisah manis dan menggemaskan di sini. Sangat menghibur sekali dan bisa banget mengubah mood buruk menjadi baik lho! Recommended sekali! Kalian harus baca juga!
Tapi, bagaimana lagi? Aku menyukaimu. Dalam perjalanan pulang, kebekuan ini, mulai mencair. | Hlm. 248
3.5 stars untuk SomeToon 01! ^_^
˜˜˜ GIVEAWAY˜˜˜
(23-29 April 2017)
HADIAH
1. Satu Note SomeToon di setiap blog host
2. Satu K-Toon SomeToon di Fanpage Penerbit Haru saat GA Final

RULES
  1. Memiliki alamat pengiriman di Indonesia
  2. Like fanpage Penerbit Haru dan follow akun twitter/instagram @penerbitharu dan @putripramaa
  3. Follow blog La Distances melalui GFC (Google Friends Connect) atau email.
  4. Bagikan info tentang giveaway ini akun media sosialmu, sertakan hashtag #SomeToon01 dan tag akun media sosialku juga, (+ tag teman juga boleh).
  5. Jawab pertanyaan berikut:
>> TO WIN SOMETOON NOTE
a)    Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar di bawah, “Kamu lebih suka hubungan yang manis, hubungan yang pahit, atau hubungan yang manis-pahit?” Sertakan pula nama, akun media sosialmu, dan link share-mu, ya.
Nggak diwajibkan memberikan alasannya, cukup memilih saja boleh, kok.
>> TO SOMETOON 01 on FINAL GIVEAWAY
a)       Jawab pertanyaan dari masing-masing blog di kolom komentar Fanpage Penerbit Haru pada tanggal 29 April 2017. Jadi, kalian diharapkan mencari tahu pertanyaan-pertanyaannya di setiap blog agar bisa menjawab pertanyaannya. :)
Pertanyaan dari blog http://ladistances.blogspot.co.id/ yaitu: 

Sebutkan 2 nama kota yang disebutkan di review SomeToon ini!


  1. Pemenang note akan diumumkan maksimal dua hari setelah giveaway ditutup di blog ini dan media sosialku. Pemenang diharapkan melakukan konfirmasi maksimal 2 x 24 jam dari waktu pengumuman, bila tidak melakukan konfirmasi, akan dipilih pemenang lain.
Pemenang giveaway final akan diumumkan oleh admin Penerbit Haru di fanpage Penerbit Haru.


Jika masih ada yang membuat bingung, silakan tanyakan pada saya di twitter @putripramaa. Jangan lupa untuk ikuti semua kuis di setiap blog ini, ya!
Semangat dan semoga beruntung!


XO,
PutriPramaa


16 komentar:

  1. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/856168780619104256
    jawaban:
    hubungan yang manis-pahit karena dengan ada pahit dalam hubungan itu semakin terasa dikala manisnya dan semakin kita hargai manis itu dengan sepenuh jiwa.

    BalasHapus
  2. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Linkshare: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/856173253760503808?p=v
    Jawaban: Aku lebih memilih hubungan yang manis-pahit

    BalasHapus
  3. Nama: Aulya Frizka Setyamien
    Twitter: @aulyafrizka
    Link share: https://mobile.twitter.com/aulyafrizka/status/856324157386010624?p=v

    Aku milih hubungan yang manis pahit, momen pahitnya untuk menguatkan hubungan sedangkan momen manisnya untuk dinikmati dan dikenang sepanjang masa 😊

    BalasHapus
  4. Ida Ayu Putu Ledys Deviyani
    @dayuledys
    https://mobile.twitter.com/dayuledys/status/856458986475757568

    Kalo boleh milih sih, aku maunya manis manis terus ya, nggak pernah berantem, nggak pernah cemburu, nggak pernah salah paham dan lain lain
    Tapi mau diusahain segimana juga sebuah hubungan tetap harus ada pahit-manisnya, (iya, karena lelaki mudah bosan, bahkan untuk hal yg manis sekalipun)

    Intinya apa ?
    Aku memutuskan, aku memilih hubungan yang manis-manis terus (ini kalo boleh "memilih" loh yaa)
    Kalo ga boleh ya, terima takdir dan nasibnya aja deh, yang pahit-manis xD

    BalasHapus
  5. Nama : Aprisinta
    Akun twitter : @AprieeLssinzta
    Link share : https://twitter.com/AprieeLssinzta/status/856524776252112896
    Jawaban : hubungan yang manis-pahit

    BalasHapus
  6. Elsita F. Mokodompit
    Twitter @sitasiska95
    Https://twitter.com/sitasiska95/status/856694210661040128
    Hubungan yang manis pahit, biar ada seninya.

    BalasHapus
  7. Nama: Sandra Hamidah
    Email: sandra.artsense@gmail.com
    Twitter: @Sandra_artsense
    Domisili: Bandung
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/856747064364941312

    Kalo aku sih pengen hubungan yang manis aja soalnya yang pahit itu akan ada namun bila kita mencintai seseorang, semuanya akan terasa manis karena hidup itu harus optimis hehe

    BalasHapus
  8. Nama: Rhena Indria
    Twitter: @indriaHR
    Link share: https://twitter.com/indriaHR/status/857019610452774912
    Jawaban:
    Kalau aku pasti suka hubungan yang manis kayak cerita-cerita lovey dovey ala drama Korea, but I am realistic enough, dalam sebuah hubungan ga mungkin manis terus-terusan, so aku pilih hubungan yang manis pahit gitu. Karena kita ga akan tau gimana rasanya manis kalau ga ada pahit kan? :)

    BalasHapus
  9. nama: Aulia
    twitter: @nunaalia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/857139193922949120

    “Kamu lebih suka hubungan yang manis, hubungan yang pahit, atau hubungan yang manis-pahit?”

    Keinginan dan harapan tentu saja lebih suka punya hubungan yang manis biar nggak ngerasain sedih dan sakit hati.

    Tapi kenyataannya dalam setiap hubungan tidak selalu manis, pasti akan ada juga saat-saat pahitnya, karena itu adalah kehidupan. Selalu ada hal yang baik dan buruk, manis dan pahit, menyenangkan dan menyedihkan. Itu sudah menjadi hukum alam. Meskipun begitu akan selalu ada hikmah dibalik semuanya.

    Jadi sesuai realita, aku menyukai hubungan yang manis-pahit karena hidup akan terasa lebih berwarna dan berkesan.

    BalasHapus
  10. Nama: Alfath
    Twitter: @alfari_12
    Link share:https://mobile.twitter.com/alfari_12/status/857171974375829504
    Jawaban: Hubungan yang manis
    Alasan:
    Hidup sudah pasti ada manis pahitnya, jadi saya ingin memilih menyukai hubungan yabg manis. Bukan berarti saya lari dari kenyataan karena memilih manis daripada hubungan manis-pahit. Saya hanya berprinsip, dengan memilih manis, saya akan termotivasi melihat beragam cara agar hubungan saya menjadi manis. Misal saat saya sakit hati atau dikhianati, nah ini rasanya pahit kan? Saya harus sadar bahwa tidak baik berlarut-larut dalam kepahitan, perlu bangkit dan segera menyelesaikan masalah yang ada agar saya memperoleh hubungan yang manis dan menyehatkan. Baik itu memberikan kesempatan, atau bahkan berhenti melanjutkan hubungan yang tidak sehat bila pasangan berulangkali berbuat hal yang sama. Akhirnya, dengan memilih hubungan yang manis, saya juga turut andil menentukan kebahagiaan saya sendiri ketika berhubungan dengan seseorang.

    Terima kasih utk event GA nya. Sukses selalu ya :)

    BalasHapus
  11. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/857334650020044801
    Jawaban:
    Aku lebih suka hubungan yg didalamnya terdapat manis-pahitnya karena semua udh sepaket ada positif negatifnya, manis-pahit = suka-duka

    BalasHapus
  12. Nama: Leny
    Akun twitter: @Lynlainy17
    Link share: https://mobile.twitter.com/Lynlainy17/status/857294771366223872
    Jawaban: Aku lebih memilih hubungan manis-pahit.

    BalasHapus
  13. nama : Siti Faridah
    twitter : @sitifaridah96
    link share : https://mobile.twitter.com/sitifaridah96/status/858179383953154048?p=v
    jawaban : aku lebih suka hubungan manis-pahit.

    BalasHapus
  14. Nama: Rizki Fitriani
    twitter: @Kikii_Rye
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/858302393317863425
    pilihan: hubungan manis. let's be real

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Zhiang Zie Yie
    @Zhiang_zieyie (Twitter)
    @zhiang.zieyie (IG)

    https://twitter.com/Zhiang_zieyie/status/858329747495038976

    Milih hubungan yang manis pahit aja. Karena kehidupan itu selalu seimbang dan saling melengkapi. Ada manis tentu ada pahitnya juga.

    BalasHapus

 
La Distances Blog Design by Ipietoon