Pelajar, Bloger Buku, JNE Express, dan Cerita-Cerita Baik di antara Mereka



 Halo?
Adakah dari kalian yang masih belum mengenal JNE Express?
Sudah akrab banget kan di telinga kalian? JNE Express adalah jasa pengiriman barang yang sudah melanglang buana sejak 26 tahun yang lalu.
Jika ditanya jasa pengiriman favorit, tentu aku akan menjawab JNE. Sebagian besar paket yang kukirimkan olehku dan dikirimkan ke aku melalui JNE Express. Jadi, pastilah aku memiliki banyak cerita baik bersama kurir yang satu ini.

Mengenal JNE Express sejak 2013

Aku mengenal JNE Express sejak kelas 8 SMP, sekitar tahun 2013. Memang masih belum lama, tapi menyenangkan sekali mengenal jasa pengiriman satu ini. Aku mengenal JNE Express berkat sosial media, nggak..., aku nggak beli online saat itu. Aku hanya mencoba peruntungan dengan mengikutsertakan cover novel yang kubuat pada seorang penulis fanfiction saat itu. Sebagai hadiah, dia mengirimiku novel self published-nya itu. Menyenangkan sekali karena akhirnya aku dicari oleh kurir, biasanya sih cuma Nenek yang didatangi kurir untuk mendapat uang pensiunannya. Hehehe.
Sekitar tahun itu pula, aku menyadari bahwa JNE Express akhirnya punya Kantor Cabang di Jalan Pahlawan Probolinggo. Saat itu, kantor itulah yang menjadi satu-satunya loket pengiriman JNE Express di Kota Probolinggo. Selang beberapa waktu, JNE Express menambah satu kantor lagi (yang kuyakini sekarang berperan sebagai Cabang Utama karena di sinilah semua kiriman berlabuh) di depan Rumah Sakit Umum Daerah di Jalan Ahmad Yani. Bukan cuma itu saja, JNE Express juga memiliki loket-loket pengiriman yang JNE buka di penjuru Probolinggo lho!
Dari ceritaku di atas itu, dapat kita ketahui bahwa dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, JNE Express telah memperluas jangkauannya terhadap pelanggannya di Kota Probolinggo. Yang berarti JNE berhasil mengambil hati warga Probolinggo dengan pelayanannya yang keren banget. Salut banget untuk JNE!
Hm, Kota Probolinggo bukanlah kota besar ataupun kota metropolitan. Tapi, Kota Probolinggo adalah kota dengan penduduk terbesar keempat di Jawa Timur (menurut wikipedia.org). Mungkin karena itu pulalah JNE Express menambah loket-loket pengiriman di Kota Probolinggo. Satu hal yang sangat menguntungkan bagiku karena aku nggak perlu jauh-jauh lagi untuk mengirimkan paket. Aku hanya perlu menempuh jarak sekitar 2,5 km, lebih dekat dibandingkan harus ke kantor cabang utama yang di bagian utara kota.

Deadline Bloger Buku dan Jasa Pengiriman Cepat

Seiring berjalannya waktu, aku semakin sering menerima paket yang dikirimkan melalui JNE, mulai dari CD album, novel, sampai kaos. Dan seiring berjalannya waktu itu pula, cerita-ceritaku bersama JNE kian banyak. Paket-paket itu dikirimkan padaku karena aku lumayan sering mengikuti kuis-kuis di internet yang sebagian besar hadiahnya adalah buku. Ya, aku adalah pembaca. Bahkan sekarang mencoba menjadi seorang bloger buku.
Menjadi bloger buku menurut definisiku adalah menunjukkan kebahagiaan tentang segala pernak-pernik buku. Bahkan bila perlu menularkan kebahagiaan bersama buku. Terkadang, aku bekerjasama dengan penerbit atau penulis dalam event blog tour. Pada saat itulah peran JNE sangat penting. Book blogger harus menulis review buku yang bersangkutan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Bagaimanapun caranya, buku yang dijadikan blog tour harus segera sampai pada setiap host. Jadi, peran jasa pengiriman semacam JNE Express ini sangat penting, terlebih host blog tour bukan hanya dari pulau Jawa yang aksesnya mudah, melainkan juga dari Sumatera, Aceh, Sulawesi, dll.
Keberhasilan suatu blog tour bergantung pada ketepatan waktu buku sapai di tangan host. Jadi, apabila buku datang terlambat, maka membaca buku yang bersangkutan mundur, alhasil review tidak bisa dibuat tepat waktu.
Beruntunglah ada JNE yang bisa mengirimkan paket dengan cepat. Dengan pelayanan REG, buku dari Jakarta bisa sampai ke rumahku dalam waktu 2-3 hari saja.
Berkat JNE aku dapat membaca buku dengan segera saat ada blog tour, bahkan bila tidak ada event blog tour, aku bisa membaca buku kiriman penulis dengan cepat. Yeay! JNE benar-benar membantuku sebagai bloger buku. Aku nggak perlu susah payah keluar rumah, bukunya bisa sampai di rumah dan membuatku bahagia dengan membaca buku kiriman tersebut. Memang benar ya kalau JNE itu #ConnectingHappiness

Mengambil Paket Tanpa Ribet di Kantor JNE Express

Akan tetapi, terkadang, aku perlu ke kantor JNE Express untuk mengambil buku-bukuku maupun kiriman lainnya. Hal itu bisa dikarenakan kurir tidak tahu alamatku atau sedang tidak ada orang di rumahku.
Aku memang bukan orang yang selalu berada di rumah. Jadi, jika suatu saat ada kiriman yang ditujukan ke alamatku yang tidak memilki nomor rumah, pasti kebingungan. Coba lihat deh alamatku ini:

Jln. Progo RT/RW XX/XX Kel. XXX Kec. XXX Kota Probolinggo 672XX*)
*) Alamatnya kurahasiakan ya... 

Gitu aja alamat rumahku. Nggak ada nomornya. Bayangkan deh mencari rumahku itu. Pasti bapak JNE akan meneleponku. Jadwal pengiriman untuk daerah rumahku seringkali sekitar pukul dua siang dan pada jam itu, aku sudah memulai jam pelajaran ke-9 di sekolah. Hahaha, ekstrem sekali, kan?
Pernah suatu kali aku mendapat telepon di tengah pelajaran biologi di kelas. Karena di-mode diam, aku nggak menyadari datangnya telepon itu. Baru setelah pukul 3, kubuka handphone-ku dan ternyata ada telepon dari nomor asing. Kutelepon balik dan ternyata yang mengangkat adalah BAPAK-BAPAK! Walah!
Tapi, diikuti oleh perkenalan dari si Bapak. “Ini dari JNE...” Wah, lega deh, ternyata nggak semacam film-film misteri begitu. Terjadilah percakapan yang sudah-sudah, kurang lebih begini:
“Bapak, tadi saya ditelepon sama nomer ini. Ada apa, ya?”
“Oh ini dari JNE, ada paket buat mbaknya. Tapi, nggak ada orang.”
“Kalau diantar sekarang bisa nggak, Pak? Saya sudah pulang ini.”
“Oh sudah balik saya, Mbak.”
“Ya sudah saya ambil di JNE-nya sendiri. Sebentar lagi saya ambil.”
“Nanti ke loket saja ya, Mbak.”
“Tapi Pak saya nggak tahu resinya, soalnya ini hadiah.”
“Bilang aja kalau paket yang dikirimkan Pak Toto.”
“Terima kasih, Bapak.”
Selesai obrolan itu, aku pergi ke JNE deh. Dan di sana, aku disambut oleh Mbak-Mbak loket JNE yang ramah. Saat mengambil paket seharusnya menerima memberitahukan nomor resinya, tapi aku bilang mau ambil paket tapi nggak ada resinya dan bilang kalau ini paket yang dikirimin Pak Toto saja. Kupikir nggak boleh karena aku nggak punya resi, ternyata boleh asalkan menunjukkan kartu identitas sesuai dengan nama penerima.
Barulah saat itu, aku diambilkan paketnya. Wah senang banget deh! Pihak JNE welcome banget dengan kehadiran pelanggan-pelanggannya, bahkan tidak memperumit pengambilan paket. Benar-benar suka sama pelayanan JNE Express ini!

Menerima Janji Paket di Minggu Pagi

Bukan hanya itu, aku juga punya cerita baik lain. Kali ini sama kurir JNE Express. Kurasa kurirnya berubah, jadinya kurir baru ini masih belum tahu rumahku. Seperti biasa, aku ditelepon saat sedang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Karena ada ekstrakurikuler, aku baru bisa menelepon balik saat pukul 5 sore.
Seperti biasa, aku bilang bisa nggak kalau paketnya dikirimkan sekarang. Kata si kurir tidak bisa dan kurirnya janji akan dikirimkan keesokan harinya, yang mana itu adalah hari Minggu!
Menurut hasil membacaku di internet. Jadwal kerja kurir untuk paket reguler dan OKE itu adalah hari Senin s.d. Sabtu, pukul 08.30 s.d. 17.00. Aku kurang tahu apa sudah berubah atau tidak. Tapi, tetap saja aku salut dengan apa yang terjadi di hari Minggu itu.
Jadi, bapak Kurir benar-benar menepati janjinya. Aku salut dengan komitmen Bapak Kurir untuk menepati janjinya. Belum pukul setengah sembilan, di hari Minggu itu, saat aku masih belum mandi karena lagi cuci pakaian, ada Bapak Kurir di depan rumah. Bapaknya memegang teguh omongannya. Ini loh yang kusuka dari kinerjanya. Bapak kurir memiliki tata krama yang sangat baik. Uh, aku nggak tahu harus memuji Bapak Kurirnya bagaimana lagi! Keren banget deh!
Paket yang kuterima dari penerbit selalu rapi dan aman. Yeay!

Ketika Pelajar Mengirimkan Paket Dengan Harga Ekonomis Namun Express

Suasana JNE Probolinggo Cabang Pahlawan yang sejuk dan nyaman
Sebenarnya, aku jarang mengirimkan paket. Tapi, akhir-akhir ini aku mengirimkan paket karena aku menjadi host blog tour buku salah seorang penulis. Berdasarkan hasil undian pemenangnya, aku harus mengirimkan paket ke Solo dan Makassar. Aku tinggal di Probolinggo—bukan kota besar yang punya pelabuhan besar ataupun bandara untuk kargo pengiriman. Pasti mahal dong kalau dikirim dari Probolinggo ini, begitu pikirku. Sebagai remaja 18 tahun yang uang jajannya nggak seberapa sehari-harinya, ketar-ketir dong aku ini. Mau kirim paket ke pulau yang berbeda dengan pulauku tinggal. Tapi ternyata ...
NGGAK MAHAL!
Jadi, 8 Desember lalu aku pergi ke Kantor JNE Express cabang Pahlawan. Di sana aku disambut oleh 2 petugas loket yang ramah banget. Aku cuma bawa uang 40 ribu, karena khawatir nggak cukup, aku hanya keluarkan satu bungkusan saja, yaitu yang ke Makassar. Aku serahkan dan tanya ke petugasnya masih dengan perasaan takut mahal banget, “ongkos kirim yang di website http://jne.co.id/ sama tidak dengan ongkos kirim di sini?”
Kenapa aku tanya?
Karena seringkali yang ada di internet itu tidak benar. Jadi, aku tanya. Hehehe.
Si mbaknya balik tanya, “Iya sama. Itu sudah dari pusat, Mbak. Memangnya ngecek ongkos kirim ke Makassar di website berapa?”
Aku jawab malu-malu, “sekitar 20ribu, nggak lebih dari 30ribu pokoknya.”
“Ongkos kirimnya ke Makassar 23ribu untuk yang OKE, Mbak.”
MURAH! batinku.
Jadi, karena hanya 23ribu, aku pun mengirimkan paket ke Surakarta juga hari itu! Yeay! Surakarta dan Makassar hanya perlu 35ribu. Murah, kan? 
Cuma Rp12.000 ke Surakarta alias Solo lho!
Sudah murah, paket yang kukirimkan juga dijamin keamanannya. Setiap paket yang kukirimkan itu dibungkus dengan plastik khas JNE yang memiliki perekat. Bukan Cuma perekat saja, petugas loketnya menambahkan selotip dan staples lagi di perekatnya supaya lebih aman. Aku yakin aman banget deh paketku!
Jadi, dilindungi plastik JNE macam itu...
Memang pelayanan OKE punya JNE itu ekonomis sekali sesuai dengan namanya Ongkos Kirim Ekonomis! Sebagai seorang pelajar yang merangkap bloger buku, tentu aku sangat senang dengan kehadiran pelayanan OKE ini. Saat beli buku (atau apa pun) online, aku suka menggunakan pelayanan OKE ini. Probolinggo-Surakarta hanya Rp12.000,00 saja dan Probolinggo-Makassar Rp23.000,00
Bukan hanya murah, paket yang dikirimkan pun cepat. Probolinggo-Surakarta hanya 1 hari. Jadi, berasa pakai pelayanan YES (Yakin Esok Sampai) deh! Lalu untuk yang Makassar, paketnya berhasil sampai di penerimanya empat hari kemudian! Keren deh, nggak pakai lama meskipun beda pulau!
  
Jadi, bagi para pelajar (yang bukan pelajar juga), kalian nggak perlu khawatir kalau mau mengirimkan paket atau beli online karena ongkos kirim yang ditawarkan JNE melalui pelayanan OKE ini murah, aman, dan cepat!

Pelayanan JNE yang Makin Waw! Dari JNE OKE sampai HARBOKIR!

JNE nggak hanya punya pelayanan REG, OKE, dan YES lho!
Sekarang makin banyak pilihan kalau kalian mau kirim paket melalui JNE. Jenis-jenis pelayanannya antara lain:
1.      Super Speed, pengiriman paket atau dokuen peka waktu yang harus diberangkatkan sesegera mugkin di luar jadwal rutin dan rute tetap JNE.
2.      JLC (JNE Loyalty Card), program keanggotaan yang ditujukan pada pelanggan setia JNE.
3.      JESIKA, layanan penjemputan ASI ke tempat tujuan.
4.      JNE Money Remmitance, layanan pengiriman uang oleh JNE yang kerjasama sama Western Union yang kelas dunia itu.
5.      JNE Diplomat, layanan pengantaran peka waktu atas barang berharga atau dokumen penting yang menuntut pengamanan optimal.
6.      JOP (JNE Online Payment), layanan pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket kereta api dan tagihan.
7.      JOB (JNE Online Booking), layanan pemesanan tiket pengiriman JNE secara online.
8.      JNE Trucking, layanan penyediaan armada truk.
9.      dan banyak lagi...! Kalian bisa baca layanan JNE di website-nya di http://jne.co.id/  kirimkan paketmu melalui JNE supaya tahu tentang pelayanan-pelayanan terbarunya atau promo-promonya! Sama sekali nggak rugi deh!
            Banyak banget kan pelayanannya? Silakan pilih deh! Tapi, kalian pengen pelayanan JNE tanpa membayar? Ada! Namanya HARBOKIR!
            Jadi, HARBOKIR adalah singkatan dari Hari Bebas Ongkos Kirim. Baru-baru ini JNE mengadakan program itu lho! Jadi, kalian nggak perlu membayar ongkos kirim jika kalian mengirimkan paket ke dalam kota di 55 Kota Besar Indonesia (terharu banget karena Probolinggo termasuk Kota Besar di event ini :’) ) atau pengiriman antar kota di JABODETABEK.
            HARBOKIR ini berlau tanggal 26-27 November 2016 lalu dan berlaku untuk layanan OKE, REG, dan YES! Kebayang, kan? Bahkan YES pun masuk HARBOKIR. Batas berat paket yang dikirimkan pun lumayan banyak, yaitu 2 kg. Kalau diisi buku bisa isi 8 buku 200an halaman itu.
            Event HARBOKIR ini untuk perayaan ulang tahun JNE yang ke 26, Teman-Teman! JNE Express sering ngadain event-event keren semacam HARBOKIR ini lho! Mari kita tunggu event keren JNE yang lain!

JNE Express Kurir dengan Berjuta Cerita Baik!

Jadi, teman-teman, menggunakan jasa pengiriman JNE Express adalah keputusan yang sangat tepat! Kehadirannya sangat membantuku selama menjadi book blogger yang harus menerima kiriman buku sesegera mungkin sekaligus membantuku yang merupakan seorang pelajar untuk mengirimkan paket tanpa biaya mahal namun terjamin dan cepat!
Kalau ditanya kekurangannya, sejauh ini aku masih belum pernah dikecewakan JNE, sih. Bahkan saat kiriman sedang ramai-ramainya ketika hari raya, barangku masih dikirimkan sama JNE, tetapi mereka memberitahukan konsekuensinya pada pelanggan bahwa saat itu kirimannya sedang overload. Pihak JNE selalu memberitahukan keadaannya jika sedang overload, jadi tenang saja. Kita nggak dipaksa tetap mengirim kok sama pihak JNE-nya kalau telanjur ke JNE. :D
Selamat ulang tahun, JNE! 
Selamat Ulang Tahun Ke-26 JNE Express!
Terima kasih JNE Express, mari kita buat lebih banyak cerita baik! :)
*
Artikel ini diikutsertakan dalam even Lomba Blog Cerita Baik bersama JNE. Silakan klik gambar di bawah ini untuk tahu infonya lebih lanjut. :)

 Cerita Baik Bersama JNE Express

9 komentar:

  1. JNE memang baik ya.. saya sendiri waktu pertama ada kiriman dari JNE kurirnya nyasar ke rumah tetangga,karena rumah saya gak ada normonya. untunglah saya sempat lihat mas mas kurirnya trus nanyain pengirimnya siapa. ternyata dari toko yang saya tunggu2.

    Akhirnya setelah itu, mas kurirnya gak pernah nyasar lagi setelah tahu warna cat rumah saya yang paling cerah diantara tetangga. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, Mas.
      Pernah saya dadah di jalan biar ketahuan sama kurirnya. Sejak saat itu nggak perlu pakai telpon lagi kalau ada paket, pak kurirnya lsg kasih ke saya atau ibu saya. Karena saya jarang di rumah, ibu yg sering ambil deh. Sampai akrab si ibu sama pak kurirnya xD

      Hapus
  2. Jne oke.. Saya suka kirim mengirim pake jne . saking sukanya, dulu saya pernah kirim surat lamaran pake jne.. Hihhi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama ini nggak pernah kecewa sama pelayanannya. Seneng banget jadinya.

      Hapus
  3. JNE emang baik, suka nganter2 kebahagiaan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget sebutannya! Semoga pelayanannya makin oke deh ke depannya :D

      Hapus
  4. wow lengkap syekalihhhh :) gudluck mba saya juga ikutan semoga kita beruntung xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahahaha, kalo bisa dibanyakin ya dibanyakin sekalian ceritanya, Mbak. Ini kurangkum sih, kalo nggak gitu bisa panjang banget postingannya.
      Semoga beruntung! Amiin :D

      Hapus
  5. Halo,


    Terimakasih sudah ikut blog competition Cerita Baik bersama JNE, ya. Semoga beruntung :D

    Salam bahagia,
    Pungky Prayitno

    BalasHapus

 
La Distances Blog Design by Ipietoon