Suka Duka Jadi Blogger Buku Menurut Putri Pramaa | Selasa Bercerita

 

Halo!
Sebelumnya, aku mau minta maaf karena belum mengupload Selasa Bercerita 26 Juli 2016. Entah kenapa, transisi dari kelas 11 ke kelas 12 sangat menyusahkan, terlebih aku memiliki planning tahun ajaran baru yang mau tidak mau harus aku tepati. Karena kesibukan itulah, aku baru bisa mengupload-nya hari ini.
Baca juga punya Mbak Asri di sini dan Mbak Intan di sini

Sudah terbaca dari judulnya, kan, kita mau bahas apa. Di sini, aku mau curhat meskipun aku baru menjadi blogger buku di awal tahun 2016, masih baru sekali jadi tidak banyak hal yang dapat kubagi dengan kalian—terlebih dengan pengalaman blogging yang seumur jagung ini.
Asli, aku bingung harus menuliskan apa terlebih dahulu—bukan karena terlalu banyak yang mau ditulis lho, melainkan aku bingung harus cerita bagaimana. Sebenarnya, suka saat menjadi blogger buku banyak sekali.
Pertama, review yang berisi pendapat kita dibaca orang lain sehingga apa yang kita lakukan dapat ‘menginspirasi’ orang lain. Eh, terkadang, bukan sesama pembaca loh yang membaca review kita, melainkan si penulis juga. Terlebih apabila si penulis memberikan feedback, semisal tweet yang berisi, “Terima kasih ya reviewnya.” Ataupun retweet atau like dari si penulis. Pasti menyenangkan, bukan?
Kedua, peluang dapat buku gratisnya lebih tinggi. Sudah tahu kan kalau akhir-akhir ini marah banget blogtour? Nah, di blogtour itu, blogger bisa dapat buku gratis lho! Misal dengan kerjasama mereview ataupun giveaway di blog buku itu.
Ketiga, nambah temen! Kalian tahu BBI? Nah, BBI adalah komunitas blogger buku Indonesia. Di sana kita bisa bertemu dengan teman yang seperjuangan, sepassion, dan memiliki cara bahagia yang sama. Meskipun aku bukan blogger BBI, aku tetap punya temen baru yang sehobi, kok. Dengan platform twitter, berkenalan dan menjalin persahabatan bisa dilakukan! Semisal Galaxy Girls ini, kita yang sama-sama suka ‘ngoceh’ berkumpul jadi satu dan bareng-bareng membahas sesuatu tentang buku di Selasa Bercerita ini.
Nah, kan sudah tuh sukanya. Sekarang duka saat menjadi blogger buku. Aku sebenarnya nggak terlalu merasa duka dengan menjadi blogger buku. Mungkin karena masih baru jadi blogger buku kali ya. Jadi, duka saat menjadi blogger buku menurutku adalah ... MAKIN BANYAK PUNYA WISHLIST! Wkwkwkwkwk!
Saat menjadi blogger buku, wishlist melonjak drastis! Dari yang semula Cuma ngarepin 1-2 novel, jadi lebih dari 3 novel dalam sebulan! Nyebelin, kan? Apabila, teman-teman sesama blogger sering kali bikin pengin baca. Diriku belum kebaaaal!
Oke-oke, sekian Selasa Bercerita kali ini! Kalo kalian, suka duka jadi blogger bukunya apa?



XO,
PutriPramaa




0 komentar:

Posting Komentar

 
La Distances Blog Design by Ipietoon