#BacaBareng | Selasa Bercerita





Halo!
Pekan ini kita akan bercerita tentang baca bareng.
Baca juga punya Mbak Asri di sini dan Mbak Intan di sini
Baca Bareng adalah media promosi bagi penulis yang sedang santer akhir-akhir ini. Selain Ask Author, Blog Tour, dan Giveaway, Baca Bareng sekarang mulai menjamur dalam dunia perbukuan Indonesia. Seperti namanya, baca bareng berarti membaca bersama-sama sekaligus mengajak orang lain untuk ikut membaca buku yang bersangkutan.

Baca Bareng umumnya dilakukan via twitter karena platform twitter lebih sederhana dan dapat dilihat siapa saja (bagi akun yang publik). Selain itu, twitter menurutku juga merupakan tempat yang cocok untuk mempromosikan suatu buku karena di twitter terdapat banyak pembaca.
Aku kurang tahu siapa pencetus dari media promosi baca bareng ini. Namun, aku tahu #BacaBareng saat promosi buku-buku yang ditulis oleh Mbak Indah Hanaco yang biasanya dikoordinatori oleh Mbak Rizky Mirgawati. Dari situ, mulai bertebaranlah #BacaBareng di timeline-ku. Mulai dari Perfect Purple, Delicious Marriage, Forever And Always, Ada Apa Dengan Cinta, Malam-Malam Terang, Bintang Jatuh, dan lain-lain.
Umumnya baca bareng dilakukan dalam beberapa kloter selama sekitar satu bulan. Dalam satu kloter, terdapat dua orang yang bertugas untuk melakukan baca bareng dan biasanya waktu pelaksanaannya berbeda.
Bagaimana cara menjadi host Baca Bareng?

Pertama, carilah info terus karena seringkali koordinator-koordinator Baca Bareng akan woro-woro terlebih dahulu.
Kedua, ikutin persyaratannya. Misalnya untuk mendaftarkan diri menjadi host, kamu harus reply tweet dengan link blog dan link goodreads, ya harus diikuti.
Ketiga, tunggu pengumuman host-host yang terpilih.
Catatan: menjadi host Baca Bareng nggak selalu harus seorang blogger buku loh, jadi jangan pesimis dulu untuk mendaftarkan diri.

Apa saja yang dilakuin saat Baca Bareng?

Namanya juga baca bareng, jadi ya dibaca dulu, lalu kita beritahu kira-kira buku ini tentang apa saja. Sebenarnya, hal ini tergantung setiap host, tapi sering kali yang dilakukan para host adalah memberitahu storyline buku tersebut (yang tentu saja tanpa spoiler), bagi-bagi quotes, dan kesan host saat membacanya.

Beri tips dong kalau jadi host Baca Bareng...

Sebenarnya, aku masih merasa nggak pantes untuk memberi tips, hehehe. Karena, aku Cuma dua kali saja menjadi host Baca Bareng, yang pertama adalah Ada Apa Dengan Cinta karya Kak Silvarani dan yang kedua adalah Malam-Malam Terang karya Tasniem Fauzia Rais dan Ridho Rahmadi. Tapi, berikut ini tips-tips dariku:
1.       Jangan sampai spam! Beri jarak antara tweet satu dengan lainnya minimal 1 menit. Maksudnya juga untuk memancing rasa penasaran akan kelanjutan baca barengmu juga.
2.       Jangan spoiler! Baca Bareng adalah media promosi untuk suatu buku agar orang lain juga membaca (baca: membeli), kalau kamu memberikan bocorannya pada followersmu, bukan promosi lagi namanya, atuh.
3.       Tentukan jam-jam yang traffic viewers-mu tinggi. Misal, di bulan puasa begini, traffic viewers-nya biasanya saat jam sahur, ngabuburit, dan setelah tarawih. Jadi, pilihlah waktu-waktu itu. Ingat, baca bareng adalah media promosi!
4.       Oh ya, kalau baca bareng dalam satu kloternya terdapat dua orang atau lebih, diskusikan terlebih dahulu waktunya. Jangan sampai bertubrukan kan jadi nggak enak juga bagi yang menanti kelanjutan baca barengmu. Habis dari akunmu, harus lari ke akun temanmu.


Nah, itu tadi tentang Baca Bareng menurutku. Sekarang ini sudah era modern sekali, terdapat banyak media promosi untuk setiap buku meskipun pada dasarnya setiap buku pasti bertemu pembacanya sendiri-sendiri, tapi  nggak ada salahnya untuk promosi, kan? Heheh.
Sekian, Selasa Bercerita kali ini. Semoga tulisanku ini bermanfaat, terima kasih. Sampai jumpa minggu depan! J


XO,
PutriPramaa

0 komentar:

Posting Komentar

 
La Distances Blog Design by Ipietoon