P.S. I Still Love You by Jenny Han | Book Review





Judul : P.S. I Still Love You
Pengarang : Jenny Han
Penerjemah : Airien Kusumawardani
Penerbit : Penerbit Spring
ISBN : 978-602-71505-3-9
Edisi : Cetakan I, September 2015
Jumlah Hlm : 356 hlm
***

Lara Jean berpacaran dengan Peter Kavinsky untuk membuktikan pada Josh bahwa dia sudah menghapus perasaan sukanya pada pria itu, begitu pula dengan Peter Kavinsky. Dia ingin menunjukkan pada mantan kekasihnya—Genevieve—bahwa dia sudah move on dari cewek populer itu. Mereka berdua menjalankan sandiwara, hingga pada akhirnya mereka berpisah di akhir To All The Boys I’ve Loved Before. Namun, siapa sangka bila mereka akhirnya benar-benar jatuh cinta. Maka, dikirimlah surat Lara Jean tentang perasaannya yang tak ingin kisahnya bersama Peter berakhir.
“Kau telah membebaskanku. Kau memberiku kisah cinta pertamaku. Kumohon, jangan biarkan kisah ini berakhir dulu.” (Hlm. 6)

Sayangnya, jatuh cinta tidak semudah itu. Ada banyak masalah yang menghampiri mereka berdua. Salah satu masalah yang menghampiri mereka adalah terungkapnya video ciuman panas mereka di pemandian air panas di akun instagram Anonybitch. Beruntunglah, Chris—sahabat Lara Jean—segera memberitahukan Lara J. tentang keberadaan video tersebut.
Video tersebut membuat gempar seantero sekolah hingga membuat Lara Jean dan Peter mendapat tuduhan yang tidak-tidak. Bahkan Lara Jean mendadak mendapat image yang sangat buruk di khalayak umum serta dikucilkan. Peter Kavinsky nggak tinggal diam dong! Dia berusaha melindungi Lara Jean dan berusaha vide itu dihapus dari instagram tersebut. Sayangnya, sekali mendapat image buruk, maka mendapatkan image baik akan sangat sulit.
Selain itu, Lara Jean masih saja tidak percaya diri dengan posisinya sebagai orang terdekat Peter Kavinsky. Dia terus saja membandingkan dirinya dengan mantan pacar Peter; Genevieve. Bersamaan dengan itu, kenangan-kenangan masa kecil mereka kembali terungkit sebagai perbandingan dirinya.
Masa kecil itu termasuk kenangan Lara J., bersama dengan John Ambrose. Semenjak surat balasan dari John Ambrose datang, semakin kacaulah pikiran Lara J. Dia tak menyangka John akan membalas suratnya dan kembali berhubungan dengan pria itu melalui surat. Bahkan, Lara Jean bertemu kembali dengannya karena sebuah insiden dan kembali dekat seperti saat kecil mereka yang malu-malu kucing.
Sementara itu, Peter Kavinsky juga tak kalah bingung dengan Lara J. Dia bingung akan perasaannya sendiri. Dia bahkan sering bertemu secara diam-diam dengan Genevieve sehingga membuat cemburu Lara Jean. Lalu, bagaimana hubungan antara empat orang tersebut? Silakan membaca P.S. I Still Love You. ^_^
“Tumbuh dewasa rasanya benar-benar banyak suka-dukanya.”
Ini novel sekuel dari To All The Boys I’ve Loved Before yang bikin aku hangover habis-habisan. Dibanding novel pertamanya, aku lebih cepat membaca novel sekuel ini. Mungkin aku terlalu penasaran dengan kelanjutan dari To All The Boys I’ve Love Before.
Seperti yang kukatan sebelumnya, sebenarnya novel ini tidak benar-benar remaja. Di label belakang tercantum ‘Novel Remaja’ tetapi dilihat dari kontennya, novel ini lebih ke Young-Adult. Bisa-bisa novel ini jadi salah segmen pembaca deh. Hahaha.
Karakter novel di sini mengalami perkembangan menjali lebih baik. Apalagi untuk tokoh utamanya, yaitu Lara Jean dan Peter Kavinsky yang menjadi lebih dewasa di novel ini. Aku hangover berat karena novel ini, apalagi saat memilah-memilah cowok-cowok yang kubayangin sebagai Peter Kavinsky, hehehe. Selain kedua tokoh tersebut, aku juga semakin menyukai peran Kitty di novel ini. Gadis kecil itu benar-benar menarik dengan saran-sarannya yang agak-agak inosen begitu. Lalu, ada John yang sudah nggak gagap lagi, Gen yang (masih) nyebelin, Stormy yang bijak nyentrik, Daddy yang perhatian banget, dll.
Lalu, untuk ending novel ini benar-benar two thumbs up! Aku sama sekali nggak kecewa dengan endingnya. Puas sekali dan berasa lega karena segala twistnya terungkap. Ending novel ini memaksa pembaca untuk berkata, ‘loh, ini mana halaman selanjutnya?’ karena saking ngegemesinnya novel ini.
Untuk kaver novelnya, duh kavernya keren banget! Apalagi covernya sama dengan versi bahasa inggrisnya di sana. Aku suka dengan fontnya dan warna terang di kavernya. Oh, ya, by the way, model ceweknya ini berubah nggak sih? Aku ngerasa cewek di kaver P.S. I Still Love You berbeda dengan cewek di To All The Boys I’ve Loved Before. Tapi, sama-sama cantik kok!
Visualisasiku untuk tokoh-tokoh di novel ini begini:
Lara Jean (Chelsea Zhang)
Josh Sanderson (Ansel Elgort)
Peter Kavinsky (Manu Rios)
Kitty (Suri Cruise)
Margot (Lana McKissack)
Gen (Dianna Agron)



 “Tubuhku adalah kuil yang tidak bisa dipuja oleh sembarang cowok.” (Hlm. 144)
“Apa ego seorang cowok memang sesuatu yang sangat rapuh dan mudah hancur?” (Hlm. 166)
“Kalau kami memang ditakdirkan untuk bersama, bagaimana mungkin kami berdua meninggalkan semua ini begitu saja?” (hlm. 259)
Novel ini benar-benar kurekomendasikan bagi kalian yang suka kisah dengan emosi naik-turun sekaligus tokoh-tokoh yang menggemaskan. Semoga filmnya segera ada kabar!
P.S. I Still Love You get 4.5 of 5 stars!


XOXO
Putri Pramaa


0 komentar:

Posting Komentar

 
La Distances Blog Design by Ipietoon