[Book Review] Operation: Break The Casanova's Heart by Aly Almario





Judul : Operation: Break The Casanova’s Heart
Pengarang : Aly Almario
Penerjemah : Airien Kusumawardani
Penerbit : Penerbit Haru
ISBN : 978-602-7742-64-2
Edisi : Cetakan I, Oktober 2015
Jumlah Hlm : 224 hlm
*

“Akan kutunjukkan padanya!
Aku akan menghancurkan hati Casanova itu!” Hlm. 19

Naomi Perez membenci Stephen Cruz karena telah menghancurkan hati sahabatnya—Kryzel. Putusnya Kryzel dengan Stephen membuat Kryzel dan Naomi mengtahui keberadaan organisasi KPSC (Koalisi Pembenci Stephen Cruz). Akhirnya, Kryzel bergabung dengan dengan organisasi itu. Semula, Naomi memang tidak berniat untuk bergabung dengan KPSC yang menawarkan misi untuk menghancurkan Stephen tersebut. Namun, karena ulah Stephen yang mencium Naomi tanpa izin, Naomi menyetujui misi tersebut. Ia bertekad untuk menghancurkan hati si Casanova.

Hanya ada satu aturan paling penting untuk misi yang akan dijalani Naomi, yaitu JANGAN JATUH CINTA! Misi pun dimulai! Naomi mengubah penampilannya berkat serbuan tiba-tiba Yannie, Kryzel, dan France ke rumahnya. Mereka membuat Naomi berubah demi mendapat perhatian dari Stephen Cruz.

“Aku akan menjadi pacarmu setelah kau belajar menganggap serius hubunganmu dengan seorang cewek. Aku tidak mau main-main. Aku mau hubungan yang nyata.” (Hlm.26)

Setelah Naomi mengatakan itu, Stephen Cruz akhirnya mengejar Naomi. Bersamaan dengan proses ‘menganggap serius hubunganmu dengan seorang cewek’ itu, tugas-tugas pada misi perlahan terselesaikan satu persatu. Apakah misi Naomi berhasil? Nah, itu, baca sendiri di novelnya. :D

“Sekarang dia milikku, dan aku tidak suka berbagi.” (Hlm. 33)

“Saat kau mencintai seseorang, kau mencintainya begitu saja. Hanya itu yang penting, kan? Kau jatuh cinta begitu saja.” (Hlm. 116)

“Aku tidak menangis karena cemburu. Aku menangis karena kau cowok yang berengsek.” (Hlm. 121)

Ini novel terjemahan Filipina pertama yang kubaca. Sebelum Haru woro-woro tentang terbitnya Phil-fict ini, aku sama sekali tidak tahu tentang Aly Almario alias Alyloony yang ceritanya populer banget di wattpad.
Saat membaca novel ini, aku justru mengingat novel To All The Boys I’ve Loved Before dan P.S. I Still Love You-nya Jenny Han. Gaya bahasa yang digunakan di novel ini mirip sekali dengan kedua novel ini. Lalu, aku lihat siapa penerjemahnya, ternyata sama! Penerjemahnya sama-sama Airien. Pantas saja kalau gaya bahasanya sama.
Novel yang tidak terlalu tebal ini menggunakan dua sudut pandang, yaitu sudut pandang Naomi dan Stephen. Dengan penggunaan dua sudut pandang seperti itu, pembaca menjadi lebih tahu dengan karakter dari tokoh-tokohnya. Selain itu, penceritaan dengan dua sudut pandang ini membuat pembaca sering gemes sendiri karena kejengkelan kedua tokoh utama ini semakin jelas.
Aku suka dengan kisah ini. Namun, aku merasa bahwa pada bagian depan itu terasa lambat sekali, pada bagian tengah sedang, dan di bagian akhir mendadak menjadi cepat sekali. Serasa novel ini memiliki percepatan positif, tidak konstan. Itu agak mengganggu karena seharusnya pembaca ‘dibuai’ lebih lama dengan kisah tersebut, tetapi pembaca dibiarkan menyelesaikannya dengan cepat.
Operation: Break the Casanova’s Heart ini memiliki tokoh-tokoh yang perlahan-lahan memiliki perubahaan karakter yang signifikan. Tokoh-tokoh di novel ini perlahan-lahan menjadi dewasa dan aku menyukai keputusan penulis untuk membuat kisah yang mendewasakan seperti ini.
Untuk konfliknya sendiri sebenarnya jika diulik lebih dalam lagi, konfliknya bisa lebih tereksplor dan tentu saja kontennya akan lebih berisi. Ada konflik-konflik yang terkesan terburu-buru penyelesaiannya dan ada juga yang menurutku terkesan aneh, apalagi tentang ibu angkatnya Naomi yang ternyata .... (no spoiler)
Selai itu, novel ini juga memberitahu pembaca tentang bahasa tagalog standar, artis Fiipina, dll. Pembaca menjadi lebih tahu tentang Filipina yang menjadi latar kisahnya itu sendiri.
Ending novel ini benar-benar aman. Menurutku sih endingnya mudah tertebak, hanya saja yang menarik dari kisah ini adalah twist dari novel ini. Bagaimana sih endingnya? Nah, itu, aku nggak bisa ngasih tahu. xP
Kaver novelnya keren sekali! Manis. Aku suka dengan bukit rerumputan itu. Perpaduan warna hijau dari rumput dan warna biru dari langit benar-benar menarik mata. Sebenarnya, visualisasi untuk Naomi dan Stephen di kaver ini agak nggak cocok sih. Rambut si Naomi jadi warna ungu di situ. Tapi, nggak masalah sih bagiku, kavernya telanjur imut begitu, sih. >_<
Stephen versiku [Teejay marquez]
 
Drew versiku [Enrique Gil]


 
Naomi versiku [Coleen Garcia]
Novel ini benar-benar kurekomendasikan bagi orang-orang yang menyukai bacaan ringan dengan gaya bahasa yang agak konyol. Untuk novel terjemahan Filipina pertama yang kubaca, novel ini sukses menghiburku. Saat aku menutup novel ini, aku sukses senyum bahagia.
Operation Break the Casanova’s Hear get 3 of 5 stars!


XOXO
Putri Pramaa


0 komentar:

Posting Komentar

 
La Distances Blog Design by Ipietoon